Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Arsitektur Islam di India

www.jalansejarah.com

Sejarah arsitektur Islam di India dimulai ketika terjadi Penaklukan pertama yang dilakukan oleh Mahmud dari Gazna seorang pangeran dari Afganistan. 

Mula-mula daerah Punjab yang menjadi ajang kekuasaan kaum muslimin, tetapi para pemimpin Islam itu kemudian meneruskan pengaruh kekuasannya keseluruh daerah sebelah Utara India.
 

Daerah pengembangan Islam terutama terdapat di Delhi, pengaruh selanjutnya sampai pula di Arga, Benggala dan Gujarat yang masing-masing menunjukan kebudayaaan tradisional yang sangat kuat. 

Daerah perkembangan pengaruh Islam yang membawa isi spirit ajaran Islam, yang pernah menjadi tempat perkembangan Arsitektur Islam di India. 

Pada umumnya corak pembangunan arsitektur Islam di India merupakan suatu penerusan dari corak yang telah mejadi buah hasil perkembangan budaya Islam.
 

Arsitektur Islam India , yang telah berkembang selama berabad-abad lamanya merupakan hasil dari kondisi sosial-ekonomi dan geografis India. Arsitektur Islam di India memiliki keberagaman sejarah, budaya dan geografi. 

Hal ini menyebabkan sulitnya untuk mengidentifikasi karakteristik arsitektur Islam di India secara keseluruhan.

Arsitektur Islam di India merupakan hasil perpaduan berbagai tradisi, baik internal maupun eksternal yang datang dari Eropa, Asia Timur.
 

Ada empat kategori terkait dengan arsitektur India yaitu, arsitektur kolonial, arsitektur Indo-Islam, arsitektur Mughal, arsitektur kuil, dan arsitektur modern. 

Tidak dipungkiri bahwa masa kolonialisme yang terjadi di India sangat mempengaruhi perkembangan arsitektur di India. 

Inggris menjadi negara yang paling berpengaruh. Sebagian gedung-gedung pemerintah, sistem kereta api dan jalan raya sebagian besar dipengaruhi oleh arsitektur Inggris.

Arsitektur Indo-Islam juga mempengaruhi perkembangan arsitektur di India. 


Dengan masuknya Islam, arsitektur India pada saat itu banyak dipengaruhi oleh Islam. 

Arsitektur Mughal, memadukan perpaduan yang indah dari gaya India dan Iran. Kubah ganda, gerbang lengkung yang tersembunyi, marmer putih dan taman menjadi ciri khas arsitektur Mughal. 

Gaya ini menekankan pada bentuk simetris dalam setiap unsur dekorasi.

Arsitektur kuil, pada India kuno, arsitektur candi dengan standart yang tinggi dibuat di hampir semua daerah. 


Gaya arsitekturnya berbeda karena hasil dari keanekaragaman geografis, iklim, etnis, ras, sejarah, dan bahasa. 

Arsitektur modern, arsitektur modern mulai muncul setelah India memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1947. 

Pemerintah Punjab menugaskan arsitek terkenal dunia untuk merancang kota Chandigarh.

Baca Juga :

Post a Comment for "Sejarah Arsitektur Islam di India"