Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Candi Peninggalan Mataram Kuno, Saksi Sejarah Nusantara Abad Klasik

wikipedia

Mataram Kuno merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia yang sudah berdiri ribuan tahun silam. Wilayah kekuasaannya berada di bagian tengah Pulau Jawa. Meskipun begitu, menurut riwayat sejarah, Mataram Kuno kemudian pindah ke wilayah Jawa Timur pada abad ke-10 akibat letusan gunung berapi.

Pada saat masih di Jawa Tengah, Mataram Kuno diyakini terletak di bagian Bhumi Mataram, atau Yogyakarta sekarang. Tiga dinasti yang terkenal dalam kerajaan ini adalah Dinasti Sanjaya, Dinasti Syailendra dan Dinasti Isyana.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang masih terawat dan bisa ditemui sampai sekarang.

1. Candi Sewu

wikipedia

Candi Sewu merupakan candi Budha yang berasal dari abad ke 8 M. Candi ini terletak sekitar 800 meter sebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu dikenal sebagai candi Budha terbesar kedua di Jawa Tengah setelah Candi Borobudur.

Meski tidak lebih besar dari Candi Borobudur dan Prambanan, Candi Sewu lebih tua dari kedua candi tersebut. Secara administratif, Candi Sewu terletak di Dusun Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

2. Candi Borobudur

wikipedia

Candi Borobudur merupakan candi yang termasuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia. Kuil Buddha ini dibangun sekitar tahun 800 Masehi. pada masa Dinasti Syailendra. Borobudur dianggap sebagai monumen Buddha terbesar di dunia. 

Candi Borobudur konon hilang karena tertutup tanah dari muntahan Gunung Merapi. Namun candi besar ini kemudian ditemukan kembali pada tahun 1814. Secara administratif, candi Borobudur ini terletak di Kecamatan Borobudur, Wilayah Administratif Magelang, Jawa Tengah.

3. Candi Prambanan

wikipedia

Candi kuno Kerajaan Mataram yang ketiga adalah Candi Prambanan. Candi ini terletak kurang lebih 17 km dari Yogyakarta. Candi ini dibangun dengan gaya religi Hindu dan dibangun pada abad ke-8 Masehi. Candi Prambanan juga dikenal sebagai Candi Roro Jongggrang.

Saat ini, Candi Prambanan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Secara administratif kompleks candi Prambanan berada di DIY, namun pintu masuk administratif berada di Klaten, Jawa Tengah. 

4. Candi Gedong Songo

wikipedia

Candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno lainnya adalah Candi Gedong Songo. Candi ini bermotif religi Hindu dan merupakan peninggalan kebudayaan Hindu dinasti Syailendra pada abad ke-9 Masehi.

Candi Gedong Songo ditemukan kembali pada tahun 1804 oleh Thomas Stanford Raffles. Disebut Gedong Songo karena candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran dan memiliki total 9 candi. Situs ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

5. Candi Pawon

wikipedia

Candi Pawon merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno yang masih bertahan sampai sekarang. Saat ini kondisi Candi Pawon sudah tidak ada arca sehingga sulit untuk dikenali. Salah satu yang menarik dari candi ini adalah hiasan dindingnya. 

Terdapat relief pohon kalpa yang diapit oleh batang kinara kinari. Secara administratif, Candi Pawon terletak di Dusun Brojolana, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Wilayah Administratif Magelang. Candi ini berjarak kurang lebih 1750 meter dari Candi Borobudur.

6. Candi Mendut

wikipedia

Candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno selanjutnya adalah Candi Menduti. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan raja Indra dari dinasti Syailendra. Bahan bangunan candi ini adalah batu bata yang dilapisi dengan batu alam. Candi Mendut juga dihiasi dengan ukiran benda langit.

Dinding candi ini juga dipenuhi berbagai relief. Secara administratif, Candi Mendut terletak di Jalan Mayor Kusen, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

7. Candi Dieng

wikipedia

Seperti namanya, candi ini terletak di Dataran Tinggi Dieng. Candi Dieng merupakan kawasan dengan 8 candi Hindu kecil. Semua candi ini telah diidentifikasi sebagai bangunan keagamaan tertua yang pernah dibangun di pulau Jawa. Diperkirakan candi ini dibangun sekitar abad ke-7 Masehi. sampai akhir abad ke-8.

Kompleks candi yang terdiri dari beberapa bangunan ini diketahui sudah ada sejak masa kerajaan Kalingga. Secara arsitektur, Candi Dieng ini memiliki kemiripan dengan beberapa candi lain di Pulau Jawa, termasuk Candi Gedong Songo. Secara administratif, candi ini terletak di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Post a Comment for "7 Candi Peninggalan Mataram Kuno, Saksi Sejarah Nusantara Abad Klasik"