Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makam di Kota Barus, Bukti Islam Sudah Hadir di Indonesia sejak Abad Ke-7

wikipedia

Teori masuknya Islam ke Indonesia sampai saat ini masih terjadi simpang siur antara satu sejarawan dengan sejarawan lainnya.

Namun, dari semua teori tersebut, ada salah satu pendapat mengatakan bahwa jejak Islam di Indonesia sudah ditemukan sejak abad ke-7. Teori ini menjadi teori masuknya Islam ke Indonesia yang paling tua.

Salah satu bukti yang bisa memperkuat teori ini adalah adanya makam yang diyakini sebagai makam komunitas Islam tertua di Indonesia yang ada di Kota Barus. Simak ulasannya.

Kota Barus

Barus merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Ibu kota kecamatan ini saat ini adalah Kelurahan Padang Masiang. Barus berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah barat.

Barus diyakini sebagai salah satu pusat peradaban pada abad 1 sampai dengan 17 Masehi. Barus memiliki nama lain yaitu Fansur.

Wilayah ini dihuni oleh masyarakat yang beragam. Mulai dari Batak Toba, Mandailing, Melayu, dan Minangkabau. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan di Barus adalah bahasa Indonesia, Bahasa Batak, Bahasa Minangkabau, dan Bahasa Melayu.

wikipedia

Makam Komunitas Islam

Barus disebut sebagai kota Islam pertama di Indonesia. Kota tua yang berjarak 290 kilometer dari Medan ini menyimpan bukti sejarah Islam yang tertua di Indonesia.

Mengutip dari laman Universitas Al Azhar Sumatera Utara, di pemakaman Mahligai, Barus, terdapat komplek pemakaman tua yang salah satu batu nisannya tertulis nama Syekh Rukunuddin yang wafat tahun 672 Masehi.

Makam tersebut diyakini sebagai salah satu makam komunitas Islam yang sudah tinggal dan melakukan perdagangan di Kota Barus.

Peninggalan-peninggalan

Selain komplek pemakaman kuno yang tertulis tahun 672 Masehi, Kota Barus juga menyimpan berbagai peninggalan lain yang semakin membuktikan bahwa Barus adalah pusat peradaban Islam pada masa lalu.

Terdapat benda-benda kuno bersejarah seperti perhiasan, mata uang dari emas, dan perak, prasasti dan fragmen arca.

Barus diyakini menjadi kawasan perdagangan yang sangat ramai pada abad ke-7 Masehi dan abad pertama Hijriyah.

Bukti Islam Masuk ke Indonesia Abad ke-7

Keberadaan Kota Barus dan makam Islam kuno di sana, adalah bukti bahwa Islam sudah masuk ke Indonesia sejak abad ke-7 Masehi. Ini adalah salah satu bukti dari teori Mekkah.

Teori Mekkah mengatakan bahwa Islam di Indonesia masuk bukan melalui Gujarat namun langsung datang dari para pedagang Arab.

Mereka berpegangan pada adanya masyarakat Islam yang sudah hidup di Barus dan membentuk sebuah komunitas yang kini meninggalkan jejak sebuah komplek pemakaman yang batu nisannya bertulis huruf Arab. 

wikipedia

Post a Comment for "Makam di Kota Barus, Bukti Islam Sudah Hadir di Indonesia sejak Abad Ke-7"